Pendidikan dan Kesehatan



PENDIDIKAN DAN KESEHATAN
A.      PENDIDIKAN
Setiap desa tentunya memiliki lemabaga pendidikan minimal terdapat SD (Sekolah Dasar) dan hal tersebut juga berlaku di Desa Terrak. Berikut adalah lembaga pendidikan formal yang adadi Desa Terrak:
1.        SDN Terrak 1
2.        SDN Terrak 2
3.        SMP Maarif 1 Pamekasan
4.        SMA Maarif 1 Pamekasan
Kesadaran masyarakat mulai tumbuh ketika diresmikannya SMP Maarif 1 pamekasan tahun 2010 yang dipelopori salah satu tokoh masyarakat desa. Dengan adanya SMP tersebut orang tua mulai berpikir pentingnya pendidikan bagi anak-anaknya.
SDN Terrak dapat dibilang sudah memenuhi standar yang ada dengan beberapa fasilitas yang dimiliki seperti, kantor guru, ruang kelas, gedung perpustakaan, lahan parkir, lapangan olahraga, serta kantin mini di dalam arena sekolah. Seluruh fasilitas tersebut dalah keadaan baik untuk digunakan sehingga siswa merasa sengang dan bersemangat dalam menempuh pendidikan.
Sementara itu keadaan SMP-nya juga dapat dibilang baik dengan enam ruang kelas, satu ruang guru, ruang uks, lapangan, ruangan OSIS, laboratrium terpadu, dan kantin. Hal tersebut juga terjadi di SMA yang juga dalam keadaan baik dengan fasilitas yang lumayan lengkap. Bahkan, di SMA terdapat beberapa ekstrakulikuler yang telah dijalankan dengan baik.
B.       KESEHATAN
Sewajarnya setiap desa memeiliki puskesmas guna mempermudah warganya dalam mengakses sarana kesehatan, namun hal tersebuut tidak berlaku di Desa Terrak. Tidak terdapat satu pun puskesmas yang berda di desa ini, hanya terdapat satu bidan delima yang memiliki spesifikasi dalam melayani kesehatan balita saja. Sementara untuk warga lainnya harus menenmpuh jaran sekitar 3 km menuju Bandaran untuk dapat mengakses sarana kesehatan puskesmas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar